Kabar Terkini
Teknik Informatika : Pemrograman Web, Desain Web, Algoritma Pemrograman, Sistem Informasi, Database Management System, GUI, Komputer Dasar dan Internet, Jaringan Komputer, Komunikasi dan Keamanan Data, Rekayasa Perangkat Lunak, Aplikasi Perkantoran, Multimedia, Mikrokontroller, Elektronika Analog dan Digital, Matematika Diskrit, Sistem Operasi "

Wednesday, 17 February 2016

Bekerja Apa Setelah Lulus Teknik Informatika?

Secara umum, setelah lulus kuliah ilmu komputer, teknik informatika, teknik komputer atau sistem informasi, kita bisa bekerja di segala bidang walaupun bidang yang digeluti tidak sinkron. Tetapi pada umumnya, lulusan diharapkan beradaptasi dan belajar dengan cepat. Kalau  tidak cepat menyesuaikan diri dan belajar cepat, maka akan mengalami kesulitan di karir, baik bekerja di perusahan atau menjadi entrepreneur. 

Beberapa bidang profesi yang dapat di geluti setelah lulus contoh sebagai berikut (ini hanya beberapa contoh saja).
  • Peneliti. Disini diharapkan dapat melakukan penelitian dan menemukan sesuatu yang baru, baik untuk menunjang insitutusi tempat bekerja maupun demi kemajuan ilmu pengetahuan. Bidang ini hampir 100% akan mengaplikasikan semua perkuliahan yang didapatkan. 
  • Software engineer. Profesi ini akan menerapkan banyak bidang software terutama terkait dengan sistem dan komputasi. Skill pemrograman menjadi hal yang mutlak di profesi ini namun bukan satu-satunya kunci kesuksesan profesi ini. Beberapa pengetahuan seperti Sistem Operasi, Algoritma, kompilator atau topik sejenis akan menunjang karir ini. 
  • Pengajar/Dosen. Profesi ini sudah jelas yaitu mengajar dan mendidik, baik institusi pendidikan maupun institusi bukan pendidikan. Profesi ini akan memanfaatkan semua kemampuan yang dulu didapatkan ketika kuliah. 
  • Chief of Technology (CTO) atau CEO (Chief of Executive). Pada kontek dunia komputer/TI, profesi ini melibatkan kemampuan dalam ilmu komputer, teknik informatika, teknik komputer atau sistem informasi ditambah dengan kemampuan manajerial yaitu manajemen baik SDM ataupun institusi.
  • IT entrepreneur. Profesi ini melibatkan banyak disiplin ilmu termasuk manajerial dan pengetahuan mengenai keuangan. Walaupun memiliki modal besar dan operasionalnya dilakukan dengan merekrut pegawai tetap sebaiknya tetap menguasainya, kecuali posisi sebagai investor.
  • System Analysis. Profesi ini melibatkan skill dalam menganalisasi permasalahan dari abstrak ke konkret bidang komputer. Tidak semua permasalahan dapat ditransformasi ke bidang komputer dan disinilah peran system analysis dapat melakukan transformasi ini.
  • Architect. Profesi ini merupakan pengembangan profesi dari software engineer. Beberapa fakta lapangan, profesi Software Architect ini berangkat dari pengalaman dari pekerjaan dari software engineer. Profesi ini melakukan tranformasi konkret dari problem IT yang sudah didefinisikan ke blueprint atau design dari sistem yang akan diimplementasi
  • IT Consultant. Profesi ini mengkombinasikan kemampuan System Analysis dan Architect ditambah dengan kemampuan manajerial dalam mengatur proyek pengembangan sistem yang akan diimplementasikan. Pada kondisi dilapangan profesi ini merupakan pengembangan dari profesi System Analysis dan Arhitect
Profesi diatas hanya sebagai contoh. Anda bisa lintas jalur dari bidang anda ini. Why not? yang penting halal tapi disarankan sebaiknya linear sebagai bagian dari pengembangan karir anda;)

Dikutip dari : http://blog.aguskurniawan.net/post/Mengenal-Kuliah-ik-if-tk-si.aspx

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Teknik Informatika