Kabar Terkini
Teknik Informatika : Pemrograman Web, Desain Web, Algoritma Pemrograman, Sistem Informasi, Database Management System, GUI, Komputer Dasar dan Internet, Jaringan Komputer, Komunikasi dan Keamanan Data, Rekayasa Perangkat Lunak, Aplikasi Perkantoran, Multimedia, Mikrokontroller, Elektronika Analog dan Digital, Matematika Diskrit, Sistem Operasi "

Thursday, 23 January 2020

CARA KONFIGURASI WAN

CARA INSTALASI JARINGAN WAN DI  PACKET TRACER
A.   PENGERTIAN JARINGAN WAN.
Wide Area Network (WAN) adalah suatu jaringan yang digunakan untuk membuat interkoneksi antar jaringan komputer local yang secara fisik tidak berdekatan satu sama lain, yang secara fisik bisa dipisahkan dengan kota, propinsi, atau bahkan melintasi batas geography – lintas negara dan benua. Ada beberapa Teknologi Jaringan WAN saat ini yang bisa kita gunakan. Berbeda dengan jaringan LAN, ada perbedaan utama antara keduanya dimana terletak pada jarak yang memisahkan jaringan-2 yang terhubung tersebut. WAN menggunakan media transmisi yang berbeda, maupun hardware dan protocol yang berbeda pula dengan LAN. Data transfer rate dalam komunikasi WAN umumnya jauh lebih rendah dibanding LAN.
B.     PUNGSI DAN TUJUAN JARINGAN WAN
Sharing resources
Kita dapat membagi sumber yang ada dalam arti dapat digunakan secara bersama-sama seperti program, peralatan, atau peripheral lainnya sehingga dapat dimanfaatkan setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa harus terpengaruh oleh lokasi.
Media komunikasi
Dapat memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna jaringan, baik itu untuk teleconferenceinstant messagingchatting, mengirim surat elektronik (e-mail) maupun mengirim informasi penting lainnya.
Integrasi data
Dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya atau dengan kata lain dapat dikerjakan oleh komputer-komputer lain yang ada dalam
jaringan.
Keamanan data
Sistem jaringan komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data melalui pengaturan hak akses pengguna dan password, serta teknik perlindungan yang lainnya.
Web Browsing
Untuk mengakses informasi yang ada pada jaringan, contohnya web browsing. Hampir setiap orang yang membaca tulisan ini mungkin pernah menggunakan browser web (seperti Internet ExplorerMozilla FirefoxNetscapeOpera dan yang lainnya). Browser web memungkinkan kita untuk melihat informasi yang ada di dalam sebuah web server di suatu tempat di dalam Internet.
Mengkoneksikan device-device yang terpisahkan dalam area global,
Menyajikan koneksifitas full-time/port-time,
Beroperasi pada jangkauan geografis yang luas.
C.    KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JARINGAN WAN
Kelebihan dari WAN :
a.       Bisa diakses dengan jangkauan area grografis yang luas sehingga berbisnis dengan jarak jauh dapat terhubung dengan jaringan ini
b.      Dapat berbagi (share) software dan resources dengan koneksi workstations.
c.       Pesan dapat dikirim dengan sangat cepat kepada orang lain pada jaringan ini (bisa berupa gambar, suara, atau data yang disertakan dengan suatu lampiran).
d.      Hal-hal yang mahal (seperti printer atau saluran telepon ke internet) dapat dibagi oleh semua komputer pada jaringan ini tanpa harus membeli perangkat yang berbeda untuk setiap komputernya.
e.       Semua orang yang ada di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama. hal ini untuk menghindari masalah dimana beberapa pengguna mungkin memiliki informasi lebih tua daripada yang lain.
f.       Berbagi informasi/file (share) melalui area yang lebih besar
g.      Besar jaringan penutup.

Kekurangan WAN :
a.       Biaya operasional mahal dan umumnya lambat
b.      Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan dapat mengganggu jaringan ini
c.       Menyiapkan jaringan bisa menjadi pengalaman yang sangat mahal dan rumit. Semakin besar jaringan semakin mahal harganya.
d.      Keamanan merupakan masalah yang paling nyata ketika orang yang berbeda memiliki kemampuan untuk menggunakan informasi dari komputer lain. Perlindungan terhadap hacker dan virus menambah kompleksitas lebih dan membutuhkan biaya.
e.       Setelah diatur, memelihara jaringan adalah pekerjaan penuh waktu (full time) yang membutuhkan jaringan pengawas dan teknisi untuk dipekerjakan.
f.       Informasi tidak dapat memenuhi kebutuhan lokal atau kepentingan.
g.      Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.
D.    ALAT, KOMPONEN BAHAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT JARINGAN WAN.
Alat membuat jaringan wan:
a.       Obeng
b.      Tang kriping
c.       Lan tester
d.      Kabel
e.       Konektor
Komponen yang digunakan
a.       PC merupakan  berasal dari kata Computer, yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika hitungan dan diolah sedemikian rupa dari perhitungan secara elektronik
b.      Switch berfungsi sebagai terminal atau pembagi sinyal data
bagi kartu jaringan (Network Card).
c.  Router merupakan perangkat keras yangdapat menghubungkan dua ataulebih jaringan yang menggunakanIP Addres yang berbeda dengan katalain Routing
d. Lan Card berfugsi untuk menghubungkan komputer dengan kabel yang digunakan pada jaringan.
Bahan yng digunakan untuk membuat jaringan wan:
a.       Kabel berpungsi sebagai penghubung antar klayen.
b.      Konektor berpungsi sebagai penyambuing kabel.
 
E.     TOPOLOGI YANG DIGUNAKAN
Topologi cincinadalah satu topologi rangkaian komputer di mana setiap nod disambungkan dengan dua nod yang lain, membentuk satu laluan sejajar tunggal untuk penghantaran isyarat terus ke setiap nod. Dataakan melalui dari setiap nod ke setiap nod seterusnya, setiap laluan nod yang dilalui akan menerima setiap paket data. Oleh kerana topologi cincin menyediakan hanya satu laluan di antara dua nod, topologi ini mungkin akan terganggu jika berlaku kegagalan di antara satu pautan. Satu nod gagal berfungsi atau kerosakan kabelberlaku menyebabkan semua nod akan terasing dari topologi cincin. Rangkaian FDDI dapat mengatasi kelemahan dengan penghantaran data mengikut arah jam dan arah lawan jam membentuk cincin: jika berlaku kegagalan data akan dihantar balik untuk melengkapkan cincin sebelum ia sampai dihujung kabel, ia bertindak menyelenggarakan sepanjang setiap nod seperti “cincin C”. Protokol rangkaian 802.5 — juga dikenali sebagai rangkaian gelang token IBM — juga mengelak kelemahan tersebut: mereka menggunakan topologi bintang pada lapisan fizikal dan unit akses pelbagai stesen untuk meniru cincin pada lapisan pautan data.
F.     CONPIGURASI JARINGAN WAN
Sebelum kita membuat jaringan seperti di atas kita tentukan dulu IP address  yang di gunakan , saya menggunakan IP kelas C pada LAN 1 dan  LAN 2, sedangkan  router menggunakan Ip Public.
 
JARINGAN LAN
NAMA KOMPONEN
IP ADDRESS
NETMASK
GATEWAY
PC 0
192.168.2.2
255.255.255.0
192.168.2.1
PC1
192.168.1.2
255.255.255.0
192.168.1.1
ROUTER
NAMA KOMPONEN
IP ADDRESS
NETMASK
Serial0/0
Fastethernet 0/0
Serial0/0
Fastethernet 0/0
Router 0
10.10.10.2
192.168.2.1
255.0.0.0
255.255.255.0
Router 1
10.10.10.1
192.168.1.1
255.0.0.0
255.255.255.0
 
Langkah-langkah  membuat  jaringan wan
1.      Buka paket traicer,lalu ambil router
 
2
.      Kemudian ambil pc dan router
3.      Setelah itu berikan catatan ke setiap komponen, supaya lebih mudah mekonfigurasi:
 
4.      lalu konfigurasi komponen komponennya yang pertama router 0
a.       kemudian Konfigurasi pada serial 0/0 dengan IP Address 10.10.10.2 dan Subnet mask 255.0.0.0  serta port statusnya di centang.
b.      Kemudian konfigurasi pada fastethernet0/0 dengan IP adderess 192.168.2.1 dan Subnet mask 255.255.255.0 serta port status di centang.
5.      lalu konfigurasi pada router 1 :
a.       lalu Konfigurasi pada serial 0/0 dengan IP Address 10.10.10.1 dan Subnet mask 255.0.0.0  serta port statusnya di centang.
 
b.      lalu konfigurasi pada fastethernet0/0 dengan IP adderess 192.168.1.1 dan Subnet mask 255.255.255.0 serta port status di centang.
6.      Kemudian konfigurasi pada LAN 1 yaitu PC 0 dengan IP Adderess 192.168.2.2, Subnet Mask 255.255.255.0, dan gateway 192.168.2.1.
7.      lalu konfigurasi pada LAN 2 yaitu PC 1 dengan IP Adderess 192.168.1.2, Subnet Mask 255.255.255.0, dan gateway 192.168.1.1.
 
8.      agar Lan 1 bisa yambung/berkomunikasi dengan Lan 2 yang beda IP dan Network yang berbeda, perlu konfigurasi di router 0 pada routing static :
                             Network     : 192.168.1.0
                             Mask          : 255.255.255.0
                             Next Hop   : 10.10.10.1
 
Kemudian klik Add.
9.      Supaya Lan 2 bisa terhubung/berkomunikasi dengan Lan 1 yang beda IP dan Network yang berbeda, perlu konfigurasi di router 1 pada routing static :
                             Network     : 192.168.2.0
                             Mask          : 255.255.255.0
                             Next Hop   : 10.10.10.2
 
                         
10.  Lalu  coba meng-ping dari Lan 1 (PC 0)= 192.168.2.2 ke Lan 2 (PC1)=192.168.1.2
Lalu Begitupun sebaliknya……..
                             Gambar pada PC 0 saat pada meng-ping
 
      
                                        
                                         PC 1 saat pada meng-ping
 
11.  Ini lah Instalasi dari jaringa wan yang kita buat sudah berhasil……

SELAMAT MENCOBA

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Teknik Informatika